Opini Tulisan

Ketika Kriteria Anak dan Orang Tua Tak Lagi Sama (1)

“Nak, Umik ingin menantu yang sholehah. Kalau bisa lulusan pesantren. karena kalau sudah santri, Insya Allah karakternya sudah terjamin. Apalagi kalau wanita itu hafidzoh. Yang sudah hafal al-qur’an. Subhanalloh… umik ingin keturunan umik terjamin kualitas agamanya.”

Apa yang kalian rasakan ketika membaca kalimat itu?
Untuk yang lelaki, okelah sepertinya persyaratan umik diatas sudah lebih dari cukup. Bahkan kalau bisa ditambah cantik parasnya. Cakep tuh digandeng kemanapun. Ini untuk yang ukuran lelaki yang paham Agama.

Tapi ada lagi niih… tipe lelaki yang Agamanya biasa saja, tapi keluarganya paham sekali dengan agama. Sehingga menentukan kualitas Wanita sangat berbeda dengan apa yang di Inginkan si Lelaki.

Apalagi, kalau si Lelaki sudah terlanjur menggandeng Wanita lain, memacarinya bahkan sudah berjanji untuk menikahi wanita pilihannya. Namun keluarga sama sekali tidak setuju dengan pilihannya. Hal tersebut sudah biasa terjadi. Kemudian keluarga mencarikan Wanita yang berbanding terbalik dengan pilihan si Lelaki.

Korbannya siapa? Kedua wanita tersebut. Yang dipacari dan yang dijodohkan.
Lantas bagaimana cara meredamnya? Agar bisa netral keduanya?
Kalau sudah terlanjur, bicara baik-baik dengan keluarga adalah solusinya. Tanpa emosi dan mementingkan ego semata. Sulit memang. Tapi apa salahnya dicoba?
Dan kalau belum terlanjur, WASPADALAH! Sebelum engkau menentukan kriteria calon istri, tanyakan dulu pada Orang tua. Kriteria calon menantu idaman seperti apa menurut mereka. Jangan “grusa-grusu” untuk mengajak berpacaran anak gadis orang. Apalagi sampai janji akan menikahinya.

Sudah lumrah jika Orang tua memilih, memilah bagaimana menantu Idaman bagi mereka. Namun yang harus diingat, yang dinamakan “idaman” itu tidak harus sempurna segala sesuatunya. Karena tidak ada wanita yang sempurna di Dunia ini. dan yang pasti, wanita dan keluarganya juga akan memilih dan memilah bagaimana Lelaki itu bisa menjadi pendamping hidup yang Baik (bukan sempurna) yang bisa sama-sama saling bergandengan untuk menuju ke Surga kelak.

Bersambung….

Bagikan Postingan Ini! 😊

Tentang Kontributor

Retno fiorenzah

masih ingin istiqomah menulis untuk kebaikan

MASUK / DAFTAR

Mulailah Berkarya!
Lupa Kata Sandi? Klik Disini atau Buat Akun Baru
=
Masuk dengan akun lain

Video Kontributor

Media Patner

Hosting Unlimited Indonesia




Note:

Sebagian hasil dari penggunaan layanan dan produk Starla Education akan didonasikan untuk LKSA/Panti Asuhan Roisus Shobur. | Kamu juga bisa ikut langsung berdonasi melalui kitabisa.com/pesantrensosial