Hubungan

Memahami Konflik Hubungan

MEMAHAMI KONFLIK HUBUNGAN

*Sekedar kesimpulan umum yang mungkin bisa dijadikan pelajaran.

*Tidak ada sebuah hubungan yang tidak pernah terjadi konflik/masalah, entah itu hubungan pertemanan, pekerjaan, rumah tangga, bahkan keluarga sekalipun.

*Penyebab konflik bermacam-macam, tergantung dari jenis hubungannya.

KOMUNIKASI

*Misalkan dalam hubungan pekerjaan. Komunikasi adalah hal tersering yang menyebabkan konflik, dari mulai *kurangnya komunikasi* sampai *berlebihan dalam komunikasi* (terlalu sering sehingga mengganggu waktu pribadi patnernya).

*Miskomunikasi/kurangnya komunikasi menyebabkan kesalahpahaman yang berujung pada permasalahan kinerja pekerjaan. Karena setiap masalah ditanggung sendiri.

*Tidak semua permasalahan dapat diselesaikan sendiri. Adakalanya berkomunikasi dengan teman kerja dapat menyelesaikan permasalahan, atau paling tidak mengurangi beban yang muncul dari masalah yang terjadi.

*Menjelaskan secara detail permasalahan yang terjadi kepada teman kerja adalah salah satu langkah awal menyelesaikan masalah. Teman kerja akan memahami kondisi anda, dan mungkin akan ikut memberikan solusi. Berbeda dengan teman kerja yang tidak memahami kondisi anda, mereka hanya akan menuntut bagaimana proses kinerja anda, dan hal ini disebabkan karena anda tidak menjelaskan permasalahan yang anda alami. Di sinilah letak penting dari komunikasi.

*Sedangkan berlebihan dalam komunikasi membuat patner kerja kita akan merasa risih, merasa terlalu dikontrol, tertekan dan mengganggu waktu pribadi. Terlebih lagi jika anda adalah pebisnis pemula yang belum memberikan keuntungan yang besar.

PRIA VS WANITA

*Dikotomi Pria dan Wanita juga sering dijadikan alasan sebagai pemicu konflik dalam sebuah hubungan.

*Wanita dipandang sebagai sosok yang tidak ingin menjelaskan apa yang mereka rasakan. Sedangkan Pria adalah sosok yang harus mengerti bagaimana keadaan wanita tanpa harus wanita itu mengungkapkan. (Dan kebanyakan wanita akan bilang, “Ah, tidak juga”)

*Tidak dapat dipungkiri, bahwa hal tersebut adalah sebuah fitrah (sunnatullah), hanya pria yang tidak bijak yang menolak itu. Pria yang tidak mau memaklumi dan memahami sifat dan karakter wanita bisa dibilang masih mementingkan egonya.

*Akan tetapi, Pria bukanlah tokoh dalam drama korea yang selalu mengerti keadaan wanita, yang bisa selalu memberikan cara yang indah dalam menyelesaikan sebuah masalah.

*Wanita juga harus bisa menyederhanakan perasaannya dalam bentuk kalimat. Agar permasalahan dapat ditemukan solusinya.

LELAH

*Penyebab yang lain adalah “Lelah”. Intensitas kerja yang tinggi terkadang membuat seseorang lelah baik secara fisik atau psikis, yang menyebabkan tidak bisa berpikir jernih dalam menghadapi sesuatu.

*Keputusan yang diambil di saat kondisi ‘lelah’ sering kali tidak akurat dan cenderung ceroboh.

*Maka apabila dalam pekerjaan, anda dan teman kerja anda sudah merasa ‘lelah’, alangkah baiknya lakukan kegiatan lain untuk merefresh ulang semangat dan mood anda agar pikiran kembali jernih sehingga permasalahan dapat diselesaikan dengan baik.

*Seperti penulis yang mungkin juga sudah lelah dalam menulis artikel ini, maka seharusnya berhenti sampai di sini dulu.

*Banyak sebab lain yang bisa menyebabkan konflik. Namun demikian, konflik sejatinya terjadi adalah untuk pendewasaan, selama dari individu tersebut dapat menyikapinya dengan bijak dan terus melakukan perbaikan dari permasalahan yang telah terjadi.

(lu)

Bagikan Postingan Ini! 😊

Tentang Kontributor

Starla Edu

Educate, Empower, Change.

MASUK / DAFTAR

Mulailah Berkarya!
Lupa Kata Sandi? Klik Disini atau Buat Akun Baru
=
Masuk dengan akun lain

Video Kontributor

Media Patner

Hosting Unlimited Indonesia




Note:

Sebagian hasil dari penggunaan layanan dan produk Starla Education akan didonasikan untuk LKSA/Panti Asuhan Roisus Shobur. | Kamu juga bisa ikut langsung berdonasi melalui kitabisa.com/pesantrensosial