Tips dan Trik

8 Kunci Sukses dalam Menghadapi Ujian Skripsi

Image: Brilio

Skripsi merupakan salah satu jalan yang harus dilalui para mahasiswa untuk bisa menyelesaikan masa studinya di kampus. Setiap mahasiswa diwajibkan untuk mengerjakan skripsi sesuai dengan jurusan atau konsentrasi yang ia ambil selama duduk di bangku perkuliahan.
Setelah skripsi tersebut berhasil dikerjakan oleh mahasiswa, tahapan selanjutnya yang harus dijalani adalah dengan mengikut sertakan skripsi yang sudah dikerjakan tersebut. Berikut adalah beberapa tips yang bisa digunakan mahasiswa ketika akan mengahadapi ujian skripsi.

Minta Restu Keluarga, terlebih kedua orang tua

Langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan meminta restu kepada keluarga dan kedua orang tua. Restu dari keluarga dan kedua orang tua merupakan salah satu kunci kesuksesan saat menghadapi ujian.

Tinggalkan sistem SKS

Salah satu kebiasaan yang dilakukan para mahasiswa pada saat akan menghadapi ujian adalah dengan melakukan sistem SKS ( Sistem Kebut Semalam ) yaitu mempelajari materi yang sudah diterima selama satu semester hanya dalam waktu semalam. Saat kita akan melangsukan ujian skripsi, pelajari materi tersebut jauh – jauh hari sebelum hari H. Hal tersebut bertujuan agar kita lebih memahami apa yang terkandung dalam skripsi yang kita tulis tersebut.

Pahami materi sebelum berlangsungnya ujian

Beberapa jam sebelum berlangsungnya ujian, buka kembali materi yang ada dalam skripsi tersebut. Apabila pada ujian tersebut kita termasuk salah satu yang mendapatkan urutan terakhir, membuka kembali materi ujian termasuk salah satu langkah yang bisa kita lakukan untuk menghindari penggunaan waktu yang terbuang sia – sia.

Jangan gugup saat masuk ke ruang ujian

Salah satu penyebab berhasil tidaknya ujian skripsi yang kita lakukan adalah kemampuan kita dalam mengatur emosi saat memasuki ruang ujian. Ketika akan memasuki ruang ujian, pastikan kita telah menghilangkan perasaan – perasaan yang dapat mengganggu jalannya ujian. Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan dalam hal ini. Pertama, ketika akan memasuki ruang ujian, pastikan kita telah mengucap salam dan mengetuk pintu terlebih dahulu. Sikap tersebut bertujuan untuk menghormati seseorang yang berada dalam ruangan tersebut, juga akan mengurangi sedikit kegugupan yang ada pada diri kita. Kedua, Buka pintu secara perlahan. Hal tersebut terkesan lebih sopan, dan akan memberikan kesan positif bagi kita.

Bersikap sopan saat bertemu penguji di ruang ujian

Seringkali kita menemukan kalimat “Anda Sopan Kami Segan”. Kalimat tersebut memiliki arti bahwa kita diharuskan untuk bersikap sopan dimanapun dan kepada siapapun. Demikian juga halnya saat kita bertemu dosen penguji, sikap sopan yang kita tunjukkan kepada mereka akan memberikan kesan positif bagi kita.

Sempatkan memanjatkan do’a sesaat sebelum menyampaikan materi

Sebelum dosen penguji menyuruh kita menyampaikan materi, sempatkanlah untuk memanjatkan do’a, agar ujian yang akan kita lakukan tersebut berjalan dengan lancar. Bacalah do’a tersebut dalam hati, pastikan juga do’a yang kita baca tersebut merupakan do’a yang biasa kita panjatkan sehari – hari kepada Tuhan.

Sampaikan materi tersebut dengan baik

Salah satu problem saat berlangsungnya ujian skripsi adalah ketidakmampuan kita dalam memahami materi skripsi yang telah dikerjakan tersebut. Untuk meminimalisir terjadinya hal tersebut, pastikan jauh – jauh hari sebelum pelaksanaan ujian, kita telah mempelajari setiap detail materi skripsi tersebut. Kita juga bisa mempelajari materi tersebut pada saat melakukan bimbingan kepada dosen pembimbing.

Bersikap tenang dalam menjawab pertanyaan yang diajukan penguji

Selain ketidakmampuan dalam menyampaikan materi skripsi dengan baik saat berlangsugnya ujian, sikap tenang dalam menjawab setiap pertanyaan dari dosen penguji merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan agar ujian tersebut berakhir dengan kesuksesan. Semua orang pasti gugup apabila bertemu dengan dosen, terlebih lagi saat melangsungkan ujian skripsi. Langkah mudah untuk menghindari gugup saat menjawab pertanyaan dari dosen adalah biasakanlah diri kita untuk berdiskusi dengan siapa saja. Dengan melakukan diskusi tersebut, kita akan terbiasa dalam menanggapi pernyataan maupun pertanyaan yang diajukan kepada kita.

Bagikan Postingan Ini! 😊

Tentang Kontributor

Hong Wilahong

MASUK / DAFTAR

Mulailah Berkarya!
Lupa Kata Sandi? Klik Disini atau Buat Akun Baru
=
Masuk dengan akun lain

Video Kontributor

Media Patner

Hosting Unlimited Indonesia




Note:

Sebagian hasil dari penggunaan layanan dan produk Starla Education akan didonasikan untuk LKSA/Panti Asuhan Roisus Shobur. | Kamu juga bisa ikut langsung berdonasi melalui kitabisa.com/pesantrensosial